Hal-hal yang harus diketahui oleh ibu hamil mengenai fase-fase perkembangan janin dalam rahim serta makanan yang baik dikonsumsi untuk menunjang tumbuh kembang janin yang maksimal

Berikut ini merupakan informasi yang penting bagi ibu hamil ketahui yaitu tentang fase-fase perkembangan janin dalam rahim serta makanan yang baik dikonsumsi untuk menunjang tumbuh kembang janin yang maksimal.

Apakah anda ingin masuk akademi kebidanan terbaik di malang?

Pengetahuan secara umum mengenai kehamilan baru, bisa diketahui setelah usia hamil 4 minggu. Pada waktu 4 minggu, janin masih berbentuk embrio.Sangat dianjurkan untuk mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung folic acid. Senyawa zat ini dapat ditemukan pada sayuran seperti kembang kol, brokoli, kol dan wortel dan masih banyak lainnya, bisa anda tanyakan ke dokter, Juga ada pada buah-buahan seperti jeruk, alpukat, dan jambu klutuk. Folic acid juga banyak terdapat pada sereal berbahan jagung atau gandum. Jagung alhamdulillah di Indonesia sangat banyak.

Seiring dengan berjalannya waktu, janin selalu berkembang dan tumbuh, pada saat janin berusia 3 sampai 4 bulan janin mulai membentuk anggota-anggota tubuh. Ginjal dan hati mulai berfungsi. Lalu sidik jari juga mulai terbentuk. Pada saat itu syaraf-syaraf otak mulai tumbuh dan berkembang dengan pesat pada janin.

Kemudian pada masa hamil usia 4 bulan janin/bayi sudah mulai dapat bergerak-gerak di dalam rahim seorang ibu. Pada janin mulai tumbuh tulang yang terus berkembang dan bertambah panjang. Untuk kesehatan janin dalam kandungan, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak magnesium, kalsium, vitamin D, vitamin B, dan juga Omega 3.

Magnesium seperti halnya kalsium, zat ini berguna sebagai zat yang menunjang pertumbuhan tulang. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa asupan magnesium yang cukup pada trimester pertama kehamilan akan mempengaruhi berat,  panjang, dan lingkar kepala pada bayi. Disamping itu, magnesium juga berperan dalam pembentukan otot-otot pada janin. Bahan makanan yang mengandung banyak magnesium diantaranya: sayuran hijau, kacang-kacangan, melon, dan gandum.Perlu diwaspadai dan disiasati bahwa sampai kandungan berusia 4 bulan ibu hamil akan sering mengalami morning sickness dan rasa mual yang sangat. Walaupun usia kehamilan sudah mencapai 5 bulan, selera makan ibu hamil  biasanya sudah mulai membaik karena morning sickness sudah mereda. Akan tetapi, pada sebagian ibu hamil tetap mengalami rasa mual dan ingin muntah hingga waktu yang lebih lama.

Pada bulan ke-5 pertumbuhan bayi berkembang sangat pesat. Bulu mata dan alis telah terbentuk sempurna, begitu juga dengan kuku jari kaki dan tangannya. Pada saat itu, makanan sehat dengan gizi seimbang tetap dibutuhkan oleh ibu hamil, tetapi perlu adanya tambahan asupan vitamin A dan kalsium. Vitamin dapat diperoleh dari sayuran seperti wortel, sedangkan kalsium dapat diperoleh dari susu.

Kalsium sangat  dibutuhkan oleh bayi dalam kandungan, karena tulang bayi masih terus berkembang. Dan cikal bakal gigi juga sedang dibentuk.  Cara yang paling mudah untuk mendapatkan asupan kalsium adalah melalui susu. Pada saat itu, otak bayi juga sedang berkembang dengan pesat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung  omega 3 dapat  mendukung perkembangan otaknya. Beberapa jenis majanan sebagai sumber omega 3 diantaranya: ikan sardin, ikan salmon, makarel, telur, tahu, kacang kedelai, sayuran hijau, keju, susu dan wijen. Akan tetapi kami sarannkan untuk mengkonsumsi ikan sarden yang instan, karena banyak mengandung bahan kimianya.

Saat memasuki bulan ke-7, semua anggota badan bayi dalam kandungan ibu telah terbentuk . Akan tetapi Ibu hamil tetap perlu  berhati-hati karena bayi dapat lahir sebelum waktunya dan akibatnya akan lahir sebagai bayi prematur (walaupun tidak semuanya seperti itu) . Makanan sehat dengan kandungan gizi berimbang sangat diperlukan untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan serta mehjaga kesehatan ibu hamil agar tidak menurun dan tetap fit atau sehat karena pada masa-masa ini perkembangan bayi dalam kandungan ibu sangat pesat.

By: akademi kebidanan terbaik di Malang

Iklan

One thought on “Hal-hal yang harus diketahui oleh ibu hamil mengenai fase-fase perkembangan janin dalam rahim serta makanan yang baik dikonsumsi untuk menunjang tumbuh kembang janin yang maksimal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s