Informasi tentang Kesehatan Ibu Hamil dan Makanan yang Sehat untuk Janin

Makanan yang sehat untuk janin perlu menjadi perhatian khusus bagi ibu yang sedang hamil. Karena bagaimana pun makanan merupakan salah satu faktor utama yang penting dan menjsdi penentu dari kesehatan tersebut. Baik itu kaseahatan pada sang ibu hamil ataupun juga kesehatan janin didalam kandungan ibu. Oleh karena itu, segala asupan makanan pada ibu hamil harus dijaga sejak mulai awal kehamilan. Makanan dan asupan gizi yang baik dan seimbang pada ibu hamil nantinya akan memberi pengaruh bagi tumbuh kembangnya janin supaya menjadi optimal. Sehingga pada akhirnya akan melahirkan generasi terbaik bangsa.

Baca Juga: akademi kebidanan terbaik di malang

Sejak masa awal kehamilan, asupan gizi pada ibu hamil sangat mempengaruhi proses pembentukan dan perkembangan sel janin, organ tubuh janin pada akhirnya  akan membentuk tubuh janin yang utuh.

Selain dari itu selama proses kahamilan berlangsung, juga terjadi perubahan, baik secara fisik maupun secara hormonal. Perubahan fisik mungkin telah banyak diketahui, salah satunya yaitu meningkatnya berat badan ibu hamil, namun perubahan sistem metabolisme pada tubuh ibu hamil  mungkin belum banyak diketahui secara luas. Perubahan yang terjadi pada sang ibu hamil meliputi perubahan pada sistem pencernaan, kardiovaskuler (pembuluh darah dan jantung), saluran kemih ,pulmonal (paru dan pernapasan) dan lain sebagainya. Dengan adanya perubahan sistem metabolisme di dalam tubuh ibu hamil, maka dapat juga berdampak pada asupan gizi dari makanan ibu hamil. Dengan adanya perubahan-perubahan tersebut, maka selama masa kehamilan kesehatan ibu juga menjadi sangat rentan terhadap penyakit.

Pengetahuan tentang kesehatan ibu hamil memang sudah seharusnya diketahui oleh ibu-ibu agar kesehatan ibu dan janin dalam kandungan tetap terjaga perkembangan dan kesehatannya. Dengan memiliki pengetahuan selama masa kehamilan tersebut, sang ibu dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan dan perkembangan janin serta menghindari berbagai hal yang dapat berakibat buruk pada pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Sekaligus juga mewaspadai adanya peningkatan angka kematian yang terjadi pada ibu hamil.

Akan tetapi, sebagai seorang ibu juga harus tetap mewaspadai setiap informasi yang didapat. Karena dengan  derasnya arus informasi yang ada sekarang ini, tidak semua informasi dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Misalnya Mengkonsumsi ikan itu baik untuk kesehatan ibu hamil, tidak boleh langsung digunakan resep tersebut, akan tetapi ibu hamil sebaiknya mencari informasi lebih lanjut. Apakah yang dimaksud adalah semua jenis ikan termasuk daging? Apakah yang dimaksud ikan air laut atau air tawar? Ataukah yang dimaksud adalah jenis ikan tertentu yang memiliki kandungan zat gizi dan protein tertentu? Mungkin juga ada informasi yang menyebutkan bahwa makanan pada ibu hamil harus mengandung banyak protein, apakah berarti harus memperbanyak konsumsi daging? Namun, di sisi lain daging mengandung banyak lemak dan kolesterol. Lalu bagaimana dengan konsumsi telur? Bukankah telur juga menjadi salah satu sumber kolesterol? Hal tersebut perlu diperjelas dan ditanyakan pada ahlinya. Ibu hamil dapat mencari informasi tambahan mengenai hal itu, atau dapat bertanya langsung pada temannya yang pernah hamil. Atau bila ingin yakin ibu hamil dapat berkonsultasi langsung pada dokter ahli.

Baca juga: informasi yang penting ibu hamil ketahui yakni tentang fase-fase perkembangan janin dalam rahim serta makanan yang baik dikonsums

Satu respons untuk “Informasi tentang Kesehatan Ibu Hamil dan Makanan yang Sehat untuk Janin

Tinggalkan komentar